Senin, 26 Maret 2012

Pemeriksaa ROM Shoulder Joint


Muhammad Akraf
 
1.      Fleksi Shoulder Joint
Starting Position: Pasien terlentang dengan lengan di samping dan   telapak tangan menghadap tubuh.Titik tumpu dari goniometer ditempatkan di atas prosesus akromion.
Stasioner dan bergerak lengan sejajar dengan garis tengah dan lateral humerus epikondilus.
Ending Posisi: Lengan bergerak tetap sejalan dengan epikondilus lateral dan humerus garis tengah. Pemeriksa harus mendukung ekstremitas pasien. Lengan stasioner harus tetap dalam posisi awal, hanya saja sekarang harus sejalan dengan garis tengah lateral thorax.
Normal ROM untuk glenohumeral fleksi adalah 160˚-180˚.

2.      Ekstensi shoulder
Starting Position: pasien sangat rawan dengan lengan di sisi kepala pastikan menghadap menjauh dari bahu yang dites. Siku harus membungkuk sedikit dan telapak tangan menghadap ke arah tubuh.Titik tumpu ditempatkan di atas proses akromion dan lengan bergerak sejajar dengan garis tengah lateral humerus dan epikondilus lateral.
Ending Posisi: lengan bergerak tetap sejalan dengan epikondilus lateral dan pemeriksa harus mendukung ekstremitas pasien. (normal ROM 600).

3.      Abduksi  dan Adduksi
Pasien terlentang dengan lengan di sisi telapak  menghadap anterior. Titik tumpu ditempatkan pada prosesus akromion dan bergerak lengan sejajar dengan garis tengah anterior humerus. Normal ROM 170˚. Untuk gerakan adduksi dilakukan sebaliknya dengan gerak abduksi (normalnya 45˚)

4.      Internal Rotasi
Starting Position : Terlentang dengan 90 derajat dari abduksi bahu dan siku dalam 90 derajat fleksi. Titik tumpu harus berpusat di atas proses olecranon.
Lengan bergerak sejalan dengan ulnaris stasioner styloid dan lengan tegak lurus ke lantai.

5.      External Rotasi
Starting Position : Terlentang dengan 90 derajat dari bahu penculikan dan 90 derajat dari siku fleksi. Meja harus tidak mendukung siku. (Lihat gambar di atas).
Fulcrum harus pada proses olecranon. Lengan bergerak harus selaras dengan ulnaris stasioner styloid dan lengan harus tegak lurus ke lantai.


Salam Fisioterapi Indonesia.........!!!!!






1 komentar: